Aprinda Rizky Ma'rufi

" Ia adalah lagu, musik yang kuputar selalu, nada yang mendayu, dentingan piano yang membuat candu. Aku panggil ia dengan sebutan “Kamu”. "
Ikuti Aku

Membuat Animasi Stopmotion



By  Aprinda     Oktober 23, 2016    Label:,,,, 
Sebelum Ke Materi, Yuk bantu saya dengan mensubscribe Channel Youtube saya dan Teman-teman saya, 
SUBSCRIBE

Terima Kasih.
            Abstrak: Perkembangan teknologi yang ada mendukung untuk menciptakan teknik-teknik yang baru dalam pembuatan suatu video. Penggabungan antara teknik stop motion  dan live shoot merupakan hal baru di mana menggunakan animasi frame by frame yang kemudian digabungkan dengan live shoot sehingga gambar yang diambil tersebut dapat terlihat lebih nyata. Animasi ini akan menjadi lebih sempurna dengan adanya editing di mana menggunakan Adobe Premiere sebagai softwarenya. 
            Setiap perkembangan yang baru pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, oleh karena itu walaupun stop motion telah dibuat sedetail dan serealistik mungkin tetapi apabila tidak digabungkan dengan live shoot maka kesempurnaan terasa kurang dan gambar kurang bisa terlihat nyata. 
            Animasi si Kancil dan Buaya bercerita tentang kecerdikan si Kancil ketika menghadapi situasi yang sulit dan memanfaatkan lingkungan sekitarnya sehingga melatih kekritisan seorang anak, bahwa dalam kondisi seburuk apapun pasti dapat berpikir untuk mengeluarkan ide sebagai sarana untuk mengatasi sebuah masalah sedangkan si Buaya memberikan gambaran untuk tidak terlalu cepat percaya dengan sesuatu yang belum pasti dan berpikir panjang. Kebodohan si Buaya memberikan kerugian bagi dirinya sendiri.
            Proses pembuatan animasi ini dilakukan secara individu dengan beberapa tahap yaitu pra produksi , produksi hingga pasca produksi. Proses pra produksi dan produksi yang meliputi pengembangan ide dan konsep, pembuatan treatment, storyboard, desain karakter serta animasi karakter 2D. Dan diberi sentuhan akhir yaitu proses editing.
            Diharapkan laporan tugas akhir ini dari segi ide dan konsep dapat memberikan pesan moral yang baik dan bermanfaat. Dan dalam segi teknik, dapat menjadi inspirasi kepada para animator ataupun editor  untuk dapat terus mengembangkan teknik yang ada dan melakukan penyempurann seiring dengan berkembangnya jaman yang ada. Sehingga walaupun cerita rakyat si Kancil dan Buaya ini telah menjadi legenda, tetapi dapat terus diwariskan melalui teknologi-teknologi yang ada.
Keywords: Animasi, live shot, stop motion, cerita rakyat, si Kancil dan Buaya

         Industri perfilman di Indonesia masih dikuasai oleh film-film yang diproduksi secara live shoot seperti sinetron. Stopmotion dan live shoot yang ditayangkan di televisi juga merupakan film impor. Film animasi  hasil produksi Indonesia juga sedikit sekali yang diputar di televisi. produksi lokal mayoritas ditayangkan dalam bentuk iklan komersial yang berdurasi beberapa detik. Hingga saat ini masih belum ada film animasi Indonesia yang berdurasi panjang.
   Teknik-teknik untuk membuat animasi hingga saat ini terus menerus dikembangkan, mulai teknik manual hingga menjadi digital seperti sekarang ini. Animasi telah berkembang dan tumbuh menjadi industri hiburan yang besar. Animasi berdasarkan tekniknya terdapat animasi 2D atau animasi hand-drawn, stop motion yang biasa dikenal dengan animasi clay, dan animasi 3D yang pembuatannya mengandalkan komputer.
Pada masa sekarang, perfilman Indonesia telah berkembang pesat, ditandai oleh banyaknya film Indonesia yang ditampilkan di bioskop Indonesia. Tidak hanya dipenuhi film import saja, Indonesia mampu melahirkan banyak film berkualitas internasional seperti Kungfu Panda 2, The Adventures of Tintin, Cars, dan sampai yang terakhir muncul film Arthur Christmas.
Film Indonesia, perlahan tapi pasti, mulai mengembalikan kejayaannya di tanah air. Dari permasalahan yang ada, maka film berkualitas sangat diperlukan saat ini. Oleh karena itu perlu dibuatkan sebuah media yang bisa menampilkan sebuah cerita yang bisa bergerak seperti yang diangkat pada judul karya tulis ini yaitu “Penggabungan stop motion dengan live shoot pada carita si Kancil dan Buaya”. Dengan adanya pembuatan film dengan teknik ini maka diharapkan nilai-nilai positif tentang pendidikan moral yang saat ini sudah mulai hilang dapat kembali dihidupkan.       Cerita si Kancil dan Buaya diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada anak-anak, sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, anak-anak akan tahu apa akibat yang ditimbulkan dari cerita tersebut. Hikmah yang diperoleh dari cerita si Kancil dan Buaya adalah dapat melatih kekritisan seorang anak, bahwa dalam kondisi seburuk apapun pasti dapat berpikir untuk mengeluarkan ide sebagai sarana untuk mengatasi sebuah masalah. Seperti halnya Si Kancil, dengan kecerdikannya setiap maslaah yang dihadapi pasti bisa diatasi, dan tidak pernah menyerah apabila menemukan kesulitan. Begitu sebailknya, seperti buaya karena kebodohanya buaya tidak bisa memikirkan mana yang baik dan mana yang buruk serta hanya memikirkan enaknya saja, sehingga mudah dibohongi oleh orang lain. Untuk itu agar tidak menjadi orang bodoh, harus rajin-rajin belajar.             Berdasarkan perbedaan yang dijabarkan, muncul sebuah ide untuk membuat film animasi yang dapat digabungkan dengan environment. Pembuatan film animasi secara utuh dikerjakan dalam dua bagian. Pertama adalah bagian yang dibahas dalam Tugas Akhir ini, yaitu “Pembuatan Animasi menggunakan penggabungan teknik stop motion dan liveshoot Berjudul Kancil dan Buaya” yang dapat disatukan dengan lingkungan 3D.

 LANDASAN TEORI
Pengertian Animasi
Adapun pengertian dari animasi yang berasal dari bahasa yunani Anima yaitu yang berarti memberi nyawa. Sedangkan animasi sendiri yaitu sebuah film dari benda yang seolah hidup, terbuat fotografi, gambar, boneka dan sebagainya dengan perbedaan tipis antar frames, untuk memberi kesan pergerakan saat diproyeksikan (The Little Oxford Dictionary 19). Arti lainnya animasi disebut juga suatu seni untuk memanipulasi gambar menjadi seolah-olah hidup dan bergerak. Sedangkan definisi animasi yang diambil dari Kamus Oxford berarti film yang seolah hidup, terbuat dari fotografi, gambaran, boneka dan sebagainya dengan perbedaan tipis antar frames, untuk memberi kesan pergerakan saat diproyeksikan  (Shadrina, 2009). Animasi tidak hanya digunakan untuk hiburan saja, animasi dapat juga digunakan untuk media-media pendidikan, informasi, dan media pengetahuan lainnya.

Jenis Animasi
1.  Animasi 2D
Animasi 2D adalah animasi yang digambar frame by frame. dimana animasi tersebut di gambarkan diatas kertas, dan biasanya untuk satu gerakan 1 langkah saja membutuhkan 8 frame gambar yang mengambarkan alur / cara orang bejalan secara sederhana. Metode dalam animasi ini disebut juga metode animasi tradisional.
2. Animasi 3D
Animasi 3D adalah animasi perpaduan antara stopmotion dan animasi 2D dimana animasi ini lebih mengunakan teknik komputer dalam pembuatannya. Teknik animasi terkini yang menggunakan Teknologi Komputer sebagai media utama dalam pembuatanny adalah cerita Toy Story yang di buat oleh Pixar dan Disney. Film ini di buat secara kartun tetapi memiliki arti dan gambar yang mendalam, sehingga orang dapat melihat bahwa gambar tersebut seperti orang asli.
3. Animasi Stopmotion
Stopmotion adalah animasi yang mengunakan shooting frame demi frame, menggunakan boneka atau semacamnya. Dimana animasi ini tidak digambar melainkan di foto satu persatu oleh setiap pergerakan benda mati tersebut. Sehingga benda mati tersebut yang digunakan sebagai obyek dapat seolah oleh hidup. Animasi ini sebenarnya sangat diminati oleh animator karena tidak usah menggambar tetapi dalam pembuatannya membutuhkan dana yang cukup besar.
Langkah-Langkah Animasi
Dalam pembuatan animasi, animasi dasar dibuat terlebih dahulu untuk menentukan gerak yang sesuai. Langkah utama yang harus diperhatikan adalah cerita.  Kemudian cerita / sinopis secara keseluruhan diubah menjadi skenario dan storyboard pun diproduksi. Dalam buku yang berjudul Exploring Drawing for Animation yang ditulis oleh Kevin Hedgpeth dan Stephen Missal (2004: 211), terdapat langkah-langkah yang disebut Seven Steps for Animating a Scene, yaitu:
1.      Plan
Semua deskripsi dari scene animasi termasuk karakter dasar, background, dan informasi aksi ditulis di atas kertas.
2.      Sketch
Menggambar thumbnail yang mendefinisikan layout scenic dan interaksi karakter untuk key shot di antara sekuen.
3.      Key
Membuat gambar keyframe untuk sequence yang dianimasikan dengan memperbesar gambar thumbnail dan memanfaatkan sketsa tersebut sebagai referensi langsung untuk pergerakan karakter dan bloking. Keyframe dapat diatur sesuai kebutuhan namun harus tetap memperhatikan ketepatan waktu.
4.      Shoot
Mengambil gambar dan menganimasikan keyframe secara sederhana. Hal tersebut penting untuk meneliti secara seksama ketepatan waktu, aksi dan kualitas gambar apabila terjadi kesalahan.
5.      Refine
Memperbaiki animasi gambar keyframe yang mengalami masalah.
6.      Repeat
Kembali ke langkah pertama dan mengulangi proses sampai animasi keyframe berhasil. Setelah selesai dapat melanjutkan membuat gambar breakdown dan in-between.

Pengertian Stop Motion
            Pengertian stopmotion adalah animasi yang memanipulasi gambar agar suatu benda mati dapat bergerak sendiri dan tergantung dalam perhitungan frame (Pharosproduction, 2006, chap. I). Cara kerja stopmotion yaitu mengharuskan animator mengubah scene secara fisik, memfoto satu per satu frame, mengubah   scene lagi dan memfoto satu frame    
    lagi, dan seterusnya.
        Stopmotion animation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai obyek yang digerakkan. Jenis animasi ini menggabungkan unsur fotografi dan gerak. Bagi orang yang tidak bisa menggambar namun memahami prinsip animasi maka bisa membuat animasi dengan teknik stopmotion karena yang diperlukan hanya  memotret obyek secara berurutan dan teratur

Pengertian Live Shoot
            Live Shoot dapat diartikan yaitu pengambilan gambar bergerak secara langsung. Live Shoot juga dapat dikatakan sebagai video shooting di mana dalam pengerjaannya diperlukan editing untuk menyempurnakan hasil shooting.  Pengertian live shot itu sendiri adalah serentetan perekaman tentang orang-orang, atau makhluk hidup lainnya, paling tidak ada satu atau lebih karakter yang diperankan oleh seseorang atau beberapa orang yang kemudian menciptakan suatu adegan yang dramatik, yang dipadu dengan kejadian dramatik lainnya dan disusun pada saat proses editing, dan semuanya ini apabila disatukan dapat menciptakan sebuah alur cerita yang bisa membuat penontonnya terhanyut (Prakoso, 2010).

Unsur Teknis dalam Live Shoot
a.  Kamera
Kamera yang digunakan dalam pengambilan gambar sangat menentukan hasil yang dicapai. Akan lebih bagus apabila menggunakan kameran DLSR Canon 5D di mana setiap warna dan gambar yang diinginkan akan terlihat jelas. Selain itu sudut pengambilan gambar sangat menentukan keberhasila dalam  menyampaikan pesan. Sebagai suatu kontras dapat disebutkan bahwa sudut pengambilan gambar yang tinggi ( high angle ) terhadap obyek dapat menimbulkan kesan ketidaberdayaan obyek, dan hal ini begitu juga sebaliknya low angle dapat membantu menimbulkan kesan perkasa pada obyek yang diambil. Pergerakan kamera dapat juga membantu menciptakan kesan-kesan tertentu sesuai tuntutan cerita.
b. Pencahayaan
Pentingnya mengetahui pencahayaan dapat mempengaruhi hasil video yang diharapkan. Gambar yang jelas/tajam dapat diperoleh pada intensitas cahaya tertentu. Sedangkan kelebihan cahaya (over exposure) menyebabkan detail warna tidak diperoleh dan gambar menjadi dominan putih. Untuk kasus kekurangan cahaya (under exposure), detail warna obyek tidak diperoleh dan gambar menjadi dominan hitam. Lokasi dan tempat di mana shooting dilakukan juga sangat menentukan kualitas gambar yang dihasilkan, di mana pada sumber – sumber cahaya harus lebih diperhatikan, karena indoor dan outdoor ada banyak perbedaaan. Pencahayaan dapat dibuat secara manual apabila tempat dan suasananya mendukung.
c. Wardrobe / Properties
Hal ini diperlukan pada saat akan diambil gambarnya (shooting). Terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan yaitu kerapian, kebersihan, kecocokan dan warna. Adapun mengenai warna ialah, setiap kamera yang digunakan memiliki tingkat kepekaan cahaya sendiri-sendiri dan terbatas sehingga sedapat mungkin harus dihindari pemakaian warna yang memilki kontras tinggi dengan lawan shootingnya.

Pengertian Cerita Rakyat
     Cerita Rakyat merupakan bagian dari kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki setiap bangsa. Jika digali dengan sungguh-sungguh, negeri Indonesia memiliki sangat banyak cerita rakyat. Cerita rakyat dapat diartikan sebagai ekspresi budaya suatu masyarakat melalui bahasa tutur yang berhubungan langsung dengan berbagai aspek budaya dan susunan nilai sosial masyarakat tersebut (Albert. 2003). Dahulu, cerita rakyat diwariskan secara turun-menurun dari satu generasi ke generasi berikutnya dalam masyarakat tertentu. Tetapi saat ini cerita-cerita rakyat  sudah banyak dibukukan dengan harapan cerita-cerita rakyat ini bisa terus diturunkan kepada generasi berikutnya. Digunakan pula sebagai ekspresi budaya suatu masyarakat melalui bahasa tutur yang berhubungan langsung dengan berbagai aspek budaya dan susunan nilai sosial masyarakat tersebut.  

PERANCANGAN KARYA
            Dalam pembuatan animasi ini maka akan ada penggabungan antara stop motion dan live shoot di mana cerita yang diambil yaitu cerita rakyat si Kancil dan Buaya.
Prosedur kerja yang digunakan dalam pembuatan animasi ini terdiri dari beberapa bagian yaitu pra produksi, yang meliputi ide/konsep, treatment, sinopsis, story board di mana semuanya ini harus dipersiapkan sebelum animasi dibuat, kemudian dilanjutkan dengan pasca produksi dan produksi di mana di dalamnya termasuk editing. 
            Dalam Tugas Akhir ini proses pembuatan digambarkan pada sebuah diagram alir di mana menceritakan alur dari pembuatan animasi ini.
Sinopsis
Sinopsis adalah ringkasan cerita cerpen. Ringkasan cerpen adalah bentuk pemendekan dari sebuah cerpen dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik cerpen tersebut. Membuat sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan cerita yang panjang dalam bentuk yang singkat.
Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pegarangnya.
Kancil memang bertubuh kecil dan kurang memiliki kekuatan secara fisik, namun kecerdikan sang Kancil inilah yang menginspirasi berbagai kalangan. Kancil selalu mampu lepas dari mara bahaya, bahkan Kancil dengan bijaksana dapat menyelesaikan berbagai masalah baik yang berkait dengan dirinya mauapun binatang lainya.
Si Kancil dan Buaya sudah sangat terkenal di masyarakat Indonesia. Si Kancil yang merupakan binatang cerdik menggunakan idenya dengan mengelabui Buaya agar si Kancil dapat menyeberangi sungai dengan selamat. Si Kancil sedang berjalan-jalan di sawah dan kemudian si Kancil mencuri timun Pak Tani, Pak Tani langsung mengejar si Kancil tetapi sayangnya Pak Tani kehilangan jejak sehingga sampailah si Kancil pada sebuah sungai di mana dirinya ingin menyeberangi sungai tersebut tetapi tidak tahu bagaimana caranya. Si Kancil yang selalu punya seribu macam ide akhirnya membuat rakit dari pohon pisang untuk menyeberang. Di saat si Kancil membuat rakit, datanglah si Buaya yang hendak menangkap dan memakan si Kancil. Tetapi si Kancil meminta si Buaya untuk memanggil teman-temannya sehingga dapat menikmati dagingnya bersama-sama. Si Buaya memanggil teman-temannya sembari mengantarkan kancil menuju seberang untuk memakan pisang terlebih dahulu. Dalam perjalanan balik kembali, teman-teman si Buaya telah siap berjejer di Sungai untuk menyantap daging si Kancil, tetapi sebelumnya si Kancil meminta si Buaya untuk menghitung berapa jumlah teman-temannya tetapi si Buaya tidak bisa menghitung sehingga perhitungan dibantu si Kancil bersamaan dengan si Kancil naik ke punggung buaya yang telah berjejer tersebut. Setelah selesai kancil menghitung dan menaiki, sampailah si Kancil di seberang kembali, dan langsung meninggalkan si Buaya. Si Buaya yang dijanjikan daging segar dirinya tidak akan pernah mendapatkannya karena si Buaya telah terbohongi oleh kecerdikan akal dan ide si Kancil. Dari cerita ini dapat diambil pesan moral bahwa dalam kondisi seburuk apapun si Kancil pasti dapat berpikir untuk mengeluarkan ide sebagai sarana untuk mengatasi sebuah masalah. Si kancil tidak pernah menyerah apabila menghadapi kesulitan, sedangkan si Buaya tidak dapat membedakan mana yang baik dan hanya menjebak serta tidak berpikir panjang.
Kancil memang bertubuh kecil dan kurang memiliki kekuatan secara fisik, namun kecerdikan sang Kancil inilah dalam berbagai cerita petualangan Sang Kancil, Kancil selalu mampu lepas dari mara bahaya, bahkan Kancil dengan bijaksana dapat menyelesaikan berbagai masalah baik yang berkait dengan dirinya mauapun binatang lainya.

IMPLEMENTASI
Pembuatan animasi terdapat beberapa proses, antara lain yaitu pengambilan gambar satu per satu yang digabungkan dengan teknik frame by frame  dimana hal ini untuk mendukung pembuatan stopmotion. Setiap foto menceritakan setiap gerakan yang akan dijalankan oleh obyek dengan proses pemotretan menggunakan green screen dengan tujuan untuk memudahkan dalam menyatukan background sebenarnya (dihilangan). Untuk pengambilan gambar live shoot maka diperlukan beberapa property, lokasi cuaca yang mendukung untuk pencahayaan, serta pengambilan angle  sehingga proses stop motion dapat berjalan dengan baik.
Take shoot dalam stop motion harus mermperhatikan setiap gerakan yang dihasilkan dari jebretan foto. Karena setiap gerakan menghasilkan arti yang bebeda di mana akan fatal akibatnya apabila tidak sesuai dengan storyboard. Semakin banyak frame yang diambil maka hasil yang didapat akan semakin halus. Sedangkan dalam live shoot hal yang harus diperhatikan yaitu property, angle serta cuaca di pagi atau sore hari di mana pencahayaan sangat pas untuk proses pengambilan gambar.
KESIMPULAN
Dari laporan ini dapat disimpulkan bahwa:
1. Konsep awal video animasi ini yaitu ingin membuat suatu inovasi baru dengan menggabungkan teknik stop motion dan live shoot dengan menggangkat sebuah cerita rakyat yang telah melegenda di seluruh kalangan sehingga lebih dapat cepat dimengerti dan dapat diteruskan dari generasi ke generasi
2. Tahap awal yang dilakukan dalam proses produksi adalah mengembangkan ide dan konsep cerita. Kemudian membuat sketsa karakter, treatment, storyboard  dan sinopsis.
3. Pembuatan video animasi stopmotion dan live shoot ini memakan waktu 3 bulan di mana proses dilakukan sejak pra-produksi, produksi hingga pasca produksi
4. Pada proses pengambilan gambar, semakin banyak gambar yang difoto maka hasil yang didapat akan semakin halus dan terlihat nyata. Setiap frame harus menunjukkan pergerakan obyek dimana harus digerakkan secara perlahan sehingga hasil yang didapat halus.
5. Animasi ini menggunakan teknik gabungan antara stop motion dan live shoot dimana pengambilan gambar dilakukan dengan memfoto satu per satu gerakan dari setiap obyek yang kemudian disatukan di dalam software tertentu. Dan untuk terlihat lebih nyata maka digabung dengan environment 3D live shoot dimana implementasinya editing menggunakan Adobe Premiere Pro CS3. Penerapan video kartun si Kancil dan Buaya ini adalah mengambil latar belakang cerita yang diambil dari cerita sebuah dongeng yang nantinya
6. Dalam melakukan proses editing  maka diperlukan ketelitian dan ketekunan agar hasil yang didapat lebih maximal serta isi pesan dalam animasi tersebut dapat tersampaikan dengan jelas kepada para penonton.

SARAN
Video animasi ini memakan waktu kurang lebih 3 bulan dimana pembuatannya ditujukan untuk sebuah karya Tugas Akhir yang dikerjakan oleh 1 orang. Proses pembuatan melalui dari pra-produksi, produksi hingga pasca produksi dengan penggabungan stop motion dan live shot yang merupakan suatu inovasi baru yang diterapkan dalam suatu cerita rakyat. Stopmotion mengugnakan teknik frame by frame untuk mendukung proses pembuatannya di mana setiap frame didapat dari setiap gerakan foto. Sedangkan live shoot memerlukan editing serta pencahayaan yang benar sehingga video ini akan terlihat seperti nyata.
Seluruh proses pembuatan ini memerlukan dorongan dan niatan yang kuat sehingga tidak hanya skill saja yang diperlukan melainkan segala sesuatu yang ada di lingkungan sekitar untuk mendukung. Oleh karena itu video kartun Si Kancil dan Buaya ini masih jauh dari kesempurnaan, masih banyak kekurangan yang terdapat dalam video kartun ini. Teknik ini merupakan penemuan yang baru, sehingga untuk kedepannya akan lebih terus di update. Selain teknik. Penyampaian pesan dalam suatu video juga sangat diperlukan. Tingkat keberhasilan suatu video juga ditentukan dari seberapa banyak masyarakat yang melihat dapat mengerti bahkan menerapkan dalam kehidupan sehari-sehari. Teknik dan isi cerita merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, sehingga dalam proses pembuatannya harus tetap diperhatikan. Alangkah indahnya apabila isi pesan dalam cerita tersebut dapat diterapkan dapat kehidupan sehari-hari serta menginspirasi banyak orang.

DAFTAR PUSTAKA
Sumber Buku:
Askurifai,B. (2003). Membuat Film Indie Itu Gampang. Bandung.: Katarsis.

Djalle,Z.G. (2008). The Making of 3D Animation Movie Using 3D Studio Max. Jakarta: Informatika.

Maestri,G. (1996). Digital Character Animation, NY: New Riders Publishing.

Andi. (2002). Panduan Aplikatif Pengolahan Video dengan Adobe Premiere 6.0,   Wahana Komputer, Semarang.

Witomo, B. (1995). Teknik Kamera dan Editing. Yogyakrta: Diklat Kuliah D3 Komunikasi UGM

Ebdi, D. S. (2005). Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain. Yogyakrta: Arti Bumi Intaran.

Sumber Internet:
Amin Jaenuri. (2011). http://www.scribd.com/doc/70243564/9/Pengertian-Film
Oprek Zone. (2011).
            http://oprekzone.com/proses-pembuatan-animasi-stop-motion-3d-shaun-the-sheep

Macam-Macam Tipe Shoot. (2010).

            http://avnad.blogspot.com/2010/08/macam-macam-tipe-shooting.html

Pengertian Legenda/Cerita Rakyat. (2010).

            http://www.adicita.com/artikel/detail/id/202/Pengertian-Legenda-Cerita-Rakyat

Sejarah Animasi Stop Motion. (2010).

            http://www.scribd.com/doc/65582567/Sejarah-Animasi-Stop-Motion

Gambar Animasi dan Film Animasi. (2010).


            http://blog.zanuzawa.com/2008/04/30/gambar-animasi-dan-film-animasi/

About Aprinda

Seeorang manusia biasa yang terkadang dianggap sebelah mata. bagaimanapun kata mereka, saya tetap bersyukur adanya, karena saya diciptakan oleh Allah Sang Pencipta Yang Maha Sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar