Aprinda Rizky Ma'rufi

" Ia adalah lagu, musik yang kuputar selalu, nada yang mendayu, dentingan piano yang membuat candu. Aku panggil ia dengan sebutan “Kamu”. "
Ikuti Aku

8 Cara Menghadapi dan Meminta Maaf Kepada Cowok Yang Sedang Marah



By  Aprinda     Juni 07, 2017    Label:, 
Menghadapi Cowok yang Marah

Banyak orang bilang, jika mempertahankan suatu hal jauh lebih sulit dari memperjuangkannya, tak terkecuali dengan suatu hubungan. Dalam hubungan, tak mungkin jika berjalan mulus-mulus aja, pasti ada naik-turunnya, ada bahagia-sedihnya, ada lancar-masalahnya.
Nah, ada masalahnya. Masalah itu sendiri bisa datang dari luar atau dari dalam hubungan itu sendiri, jika memang dari luar, mungkin kamu dan dia cukup untuk berkerja sama dan menyelesaikan bersama. Namun jika masalah itu berasal dari dalam, ya sudah pasti masalah itu penyebabnya kalo enggak kamu, ya dia.
Manusia emang gak terlepas dari kesalahan, gak terlepas dari lupa, ada beberapa hal yang kadang terjadi –yang mungkin gak kamu sadari—yang bisa bikin dia marah. Khususnya jika kamu seorang cewek, pastinya bingung buat ngadepin cowok yang marah atau ngambek, karena biasanya sifat cewek itu suka gak sadaran, jarang mikir gitu deh, ya secara kan cewek mah mainnya juga perasaan bukan pikiran wkwk.
Tapi kamu gak perlu khawatir, kalo misalkan sewaktu-waktu cowok kamu marah karena sesuatu hal, yang mungkin kamu gak sadari. Disini saya sebagai cowok, Cuma mau ngasih tau aja cara ngadapin cowok yang lagi marah. Beberapa cara ini mungkin bekerja, mungkin juga enggak. Tapi ya kamu patut coba deh.

1. Intropeksi diri, ingat-ingat apa kamu pernah salah bicara atau enggak, atau salah memperlakukan dia
Ya mungkin ini yang seharusnya cewek sadari, sebelum mereka nganggap cowok itu marahnya gak jelas. Hal paling awal yang harus kamu lakukan adalah intropeksi diri, inget-inget sebelumnya apa kamu pernah salah ngomong ke dia atau enggak, atau juga inget-inget apa kamu pernah salah memperlakukannya atau enggak. Bisa jadi sebelum-sebelumnya kamu pernah mengabaikannya atau mungkin pernah gak menghormati dan menghargainya didepan banyak orang. Karena hal yang paling sensitif tentang cowok adalah masalah harga dirinya.

2.       Minta maaf dengan tulus
Kalo kamu udah inget apa yang kamu lakukan sebelumnya, yang bisa bikin dia ngambek dan gak banyak bicara kayak gitu, maka hal yang selanjutnya kamu lakukan adalah meminta maaf sudah pastinya. Jangan terburu-buru, ucapkan dengan pelan-pelan tulus dan yakin kalo emang itu salah kamu.

3.       Ucapkan beberapa candaan
Walau memang kamu bukan orang yang humoris, tapi lakukanlah. Sebab cowok sebenarnya suka hal-hal yang berbau humor. Walaupun juga dia mencintaimu dengan apa adanya, gak menutup kemungkinan kalo dia berharap kamu sesekali ngelawak didepannya. Candaan ini juga bisa kamu gabungkan dengan permohonan maaf kamu, tapi kamu harus tetep serius jangan terlalu banyak bercanda jika tak ingin ia menganggap kamu gak serius minta maafnya.
--Cewek : “kok diem aja, kamu marah ya ?”
Cowok : “heem.”
Cewek : “tuhkan jawabnya spj, kamu marah beneran ?”
Cowok : “hm.”
Cewek : “ jangan marah, kamu tuh jelek kalo lagi marah, tuh liat muka kamu kucel kayak jemuran yang baru kering hehe.” *lalu ucapkan maaf dengan serius*--

4.       Katakan hal romantis
Sesekali kamu juga harus mengatakan hal yang berbau romantis, walaupun itu juga bukan diri kamu. Tapi hal-hal romantis ini bisa jadi penunjang kalo kamu serius minta maaf sama dia.

5.       Rayu dia, Katakan kalo kamu lebih suka dia yang normal, gak pendiem atau pemarah.
Kadang juga cowok tuh suka dirayu. Saat dia lagi diem gini coba deh bilang kalo kamu lebih suka dia kalo lagi bawel atau kayak biasanya, gak pendiem kayak gini. Kata-kata ini juga bisa sedikit mengembalikan mood dia agar gak terlalu marah sama kamu.

6.   Bawakan makanan kesukaannya, benda kesukaannya, atau luangkan waktu kamu buat dia dihari lain.
Selain merayu dengan kata-kata, kamu juga bisa merayu dia dengan membawakan hal kesukaanya, sebagai contoh ya makanan atau kado dari hal yang dia suka. Cara lain yang bisa kamu lakukan juga dengan membuat janji kamu akan meluangkan waktumu buat dia di hari selanjutnya.

7.       Peluk *khusus yang udah halal*
Beberapa ilmuan pernah mengungkapkan bahwa sebuah pelukan dari orang yang kita sayang dapat mengembalikan semangat, meredakan emosi, dan membuat semakin bahagia. Bahkan Nabi Muhammad SAW pun pernah melakukannya saat Baginda Marah kepada Istrinya Aisyah R.A.

“Dikisahkan Nabi Rasulullah SAW pernah marah kepada Aisyah istrinya sehingga beliau berkata : Akfiinii ‘ainak! (tutuplah matamu!). Maka Aisyahpun menutup matanya. Bila anda seorang istri diminta suami untuk tutup mata sedangkan suami marah, pasti anda memikirkan hal-hal yang negatif seperti anda membayangkan akan dipukul, ditendang dll, Namun apa yang dilakukan oleh Rasulullah?
Lalu Siti Aisyah menutup matanya, Setelah mata Aisyiah ditutup Rasulullah lalu berkata : Taqarrabii (mendekatlah kepadaku). Tatkala Aisyah mendekat, maka Rasulullah SAW memeluk Aisyah sambil berkata : Khumairahku, (marahku telah pergi setelah aku memelukmu.)
Begitu mudah Rasulullah memaafkan isterinya, begitu mulia ia memperlakukan isterinya. Perilaku inilah yang orang sekarang menyebutnya romantis. Perilaku tersebut menunjukan Akhlaqul Karimah atau Perilaku yang Baik dari Rasulullah.”

8.    Jangan berjanji tidak akan melakukanya lagi, tapi berusahalah tidak melakukannya kembali.
Hal yang terpenting yang kamu kamu harus perhatikan dalam meredakan amarah seseorang adalah, jangan pernah berkata janji kalo kamu gak akan melakukannya lagi, tapi berjanjilah kamu akan berusaha untuk tidak melakukannya lagi. Realistis saja bahwa manusia adalah tempatnya lupa dan salah, jika kamu tidak ingin mengecewakannya kembali dengan janji itu, maka jangan pernah berjanji jika kamu tidak yakin akan janji itu.


About Aprinda

Seeorang manusia biasa yang terkadang dianggap sebelah mata. bagaimanapun kata mereka, saya tetap bersyukur adanya, karena saya diciptakan oleh Allah Sang Pencipta Yang Maha Sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar