Aprinda Rizky Ma'rufi

" Ia adalah lagu, musik yang kuputar selalu, nada yang mendayu, dentingan piano yang membuat candu. Aku panggil ia dengan sebutan “Kamu”. "
Ikuti Aku

Ciptakan Pola Hidup Sehat dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)



By  Aprinda     April 22, 2017    Label:, 
sumber:sehattnegriku.kemenkes.go.id



Masalah kesehatan sering kali menjadi fokus utama dalam setiap makhluk hidup, tak terkecuali Manusia. Di Indonesia sendiri saat ini Kesehatan menjadi salah satu masalah besar, selain menjadi masalah, Kesehatan juga menjadi Tantangan besar di Negara ini. Masalah Kesehatan Triple Burden merupakan tantangan besar yang harus segera ditanggulangi, penyebab dari Masalah ini adalah beberapa Penyakit Infeksi, Kematian akibat Penyakit Tidak Menular yang semakin menaik, dan serta penyakit-penyakit yang seharusnya bisa teratasi, sampai kini belum bisa ditanggulangi dari masalah Negara ini.

Masih teringat bagi kita, untuk yang lahir pada tahun 90an, pasti sering sekali mendengar nama penyakit seperti Tuberkulosis dan Diare merupakan salah satu penyakit yang sampai saat ini masih belum teratasi. Berubahnya gaya hidup serta budaya masyarakat yang menjadi serba praktis, merupaka salah satu penyebab dari Masalah Kesehatan di Negeri kita.

Namun, untuk menanggulangi Masalah ini, Kementrian Kesehatan dan Pemerintah sedang menggelorakan semangat Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, selain untu menanggulangi masalah kesehatan Negara, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS ) juga mengajarkan masyarakat untuk bisa merubah gaya hidup yang serba praktis menjadi Pola Hidup Sehat.

temu Blogger dan Kemenkes 21 April 2017


Dalam menunjang tujuan GERMAS ke masyarakat, Kementrian Kesehatan Indonesia sering kali mengadakan acara atau seminar-seminar tentang Pola Hidup Sehat, salah satunya acara pada Jum’at, 21 Maret 2017 kemarin. Bersama dengan para Blogger, Kementrian kesehatan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membiasakan diri berpola hidup sehat, dan menjelaskan penyebab seringnya manusia menderita penyakit.

Pola hidup sehat


Kemenkes menjelaskan bahwa penyebab seseorang sering mengalami gejala penyakit adalah Pola Hidup tidak Sehat dan Praktis, Pola hidup ini seringkali memaksa seseorang sering menyepelekan Olahraga, jarang mengkonsumsi Buah dan Sayur, makan makanan berminyak atau Gorengan, Merokok, Minuman bersoda, Malas, merokok, Meminum Alkohol. Jika seseorang sudah terbiasa melakukan Pola Hidup yang tak sehat ini, ada berbagai macam akibatnya seperti terkena penyakit Jantung, Obesitas, Kanker Paru-paru, Gangguan pencernaan, Stroke, Kerusakan organ dalam, bahkan sampai kematian.




Maka dari itu, Kemenkes mengajak seluruh kalangan masyarakat untuk menggelorakan GERMAS bersama-sama, agar tidak menambah Beban dan Masalah Negara juga agar tidak menambah beban hidup diri sendiri. Tujuan Germas sendiri adalah untuk mewujudkan Lingkungan hidup yang sehat, Produktif dan terjaga, serta untuk mengurangi biaya pengobatan.



“Sehat itu Mahal bahkan Tak Ternilai Harganya” –nn–

About Aprinda

Seeorang manusia biasa yang terkadang dianggap sebelah mata. bagaimanapun kata mereka, saya tetap bersyukur adanya, karena saya diciptakan oleh Allah Sang Pencipta Yang Maha Sempurna.

2 komentar:

  1. Gaya hidup terkadang sering kali mempengaruhi kesehatan, maka dari itu,yuk mulai dari sekarang luangkan waktu 30 menit/hari untuk berolahraga dan konsumsi makanan yang sehat dan alami

    BalasHapus
  2. Masyarakat memang memiliki peran penting dalam penekanan pencegahan penyakit

    BalasHapus