Aprinda Rizky Ma'rufi

" Ia adalah lagu, musik yang kuputar selalu, nada yang mendayu, dentingan piano yang membuat candu. Aku panggil ia dengan sebutan “Kamu”. "
Ikuti Aku

7 Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler



By  Aprinda     April 02, 2017    Label:,,, 
doc:Mudafest 2017 SMKN 1 Garut

Tak terasa semester genap sebentar lagi akan berlalu, bagi teman teman yang sekarang duduk di bangku sekolah kelas 12 inilah akhir dari masa jabatan kalian sebagai siswa sekolah. masa-masa putih abu-abu tak yang katanya tak akan terlupakan akan segera berakhir. Kegiatan sekolah mulai dari belajar, jam-jam kosong yang menyenangkan, makan bersama teman di kantin, kegiatan ekstrakurikuler, dan tertawa bersama teman seorganisasi akan menjadi kenangan yang akan kalian rindukan.
Bicara tentang kegiatan disekolah, tak ada salahnya jikalau kita membahas tentang kegiatan ekstrakurikuler atau biasa disebut ekskul. setiap sekolah pastinya menyediakan beberapa kegiatan ekstrakurikuler untuk siswa-siswinya. tapi sebenarnya apasih manfaat dari kegiatan ekstrakurikuler ini ? yuk kita simak satu per satu.

1.     Menentukan Pilihan dan Prioritas.

Dari kegiatan ekstrakurikuler, teman-teman akan mendapatkan banyak sekali pembelajaran. Salah satunya menentukan pilihan atau prioritas yang harus diutamakan. Di ekstrakurikuler siswa diajarkan untuk bertanggung jawab atas pilihannya. Mempertimbangkan dan Menyeimbangkan antara pekerjaan rumah, tugas sekolah, belajar disekolah dengan tanggung jawanya sebagai anggota dari kegiatan ekstrakurikuler yang teman ikuti. Juga menyeimbangkan dengan masalah perasaan, yang sudah sewajarnya pada usia teman sekarang hihihi.

2.       Berkomitmen

Selain dari menentukan pilihan, kegiatan ekstrakurikuler juga mengajarkan bagaimana teman-teman kuat bertahan dan serius menjalankan pilihan yang sudah teman pilih sebelumnya. Apalagi jika teman sudah mengemban jabatan disalah satu kegiatan ekskul yang teman-teman ikuti.

3.       Membuat keputusan.

Merupakan suatu masalah bersama jika dalam hidup seseorang sulit menentukan sebuah keputusan, ini terjadi karena seseorang tersebut kurang dan jarang membiasakan hidupnya untuk membuat keputusan secara cepat. Jika teman mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pastinya sudah terbiasa dalam menentukan sebuah keputusan yang cepat dan baik, karena dari kegiatan ekstrakurikuler ini memerlukan skill kreatifitas, inovasi, inisiatif dan perencanaan, juga mempertimbangkan sebuah resiko.

4.       Percaya diri

Banyak dari siswa-siswi sekolah yang bermasalah soal Kepercayaan diri, Karena dirinya tidak terbiasa berbicara didepan umum. Berbeda dengan seorang yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, sebab di kegiatan ekskul teman-teman akan merasa lebih pede dan percaya diri karena terbiasa berbicara didepan umum.

5.       Kerja Sama dan Bersosialisasi

Sudah menjadi tuntutan jika teman-teman mengikuti suatu kegiatan ekstrakurikuler untuk bisa bekerja sama, sebab dalam Kegiatan Ekskul dibutuhkan kekompakan dan pemecahan masalah secara bersama. Juga terkadang dalam kegiatan ini teman-teman diwajibkan turun ke Masyarakat untuk bersosialisasi.

6.       Lebih dikenal dan Eksis

Biasanya siswa/siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler lebih banyak dikenal dan lebih mudah dikenal oleh kalangan siswa yang lainnya maupun guru. Ini bisa menjadi cara bila teman ingin mendapatkan nilai yang baik, sebab guru-guru akan mudah menilai siswanya karena sudah mengenal atau sudah biasa mendengar nama siswa tersebut.

7.       Ajang melupakan.

Berbicara tentang masa sekolah, tidak bisa dipisahkan dari masalah perasaan. Kadang masalah perasaan ini bisa merambat kesegala arah. Tak jarang dari siswa yang memiliki masalah dengan perasaan atau pasangannya khususnya dalam hal melupakan, menyibukan diri dengan kegiatan Ekskul, karena dengan menyibukan diri ini teman-teman bisa terbiasa menghilangkan pikiran tentang bekas pasangan atau mantan.


Tetapi masih banyak manfaat yang ada dalam kegiatan Ekstrakurikuler, contohnya adalah nilai-nilai bermasyarakat dan nilai-nilai kehidupan yang lain. Karena setiap siswa yang mengikuti kegiatan ekskul akan memiliki permasalahan yang bebeda, dan dalam permasalahan itu siswa dapat dengan mudah bersyukur, bertanggung jawab, dan mengambil hikmah dari segala permasalahan tersebut.

About Aprinda

Seeorang manusia biasa yang terkadang dianggap sebelah mata. bagaimanapun kata mereka, saya tetap bersyukur adanya, karena saya diciptakan oleh Allah Sang Pencipta Yang Maha Sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar