Aprinda Rizky Ma'rufi

" Ia adalah lagu, musik yang kuputar selalu, nada yang mendayu, dentingan piano yang membuat candu. Aku panggil ia dengan sebutan “Kamu”. "
Ikuti Aku

Jelajah WEGI 6 : Pertamina Geothermal Energy Kamojang

By  Aprinda     November 14, 2016    Label:,
Sebelum saya memaparkan tentang bagaimana pengalaman jelajah saya di PGE Kamojang, Terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang WEGI 6. Apa sih WEGI 6 ? sebeneranya WEGI ( We Green Industry ) adalah sebuah kumpulan orang yang peduli terhadap kelestarian alam khususnya mereka yang ingin mengenalkan bahwa di kalangan Industri ada juga yang masih tetap melestarikan alam. Dan kumpulan orang ini mengadakan jelajah yang dinamakan WEGI, kali ini WEGI telah melaksanakan Jelajah Green industry sebanyak 6 kali, dan saya mengikuti jelajah yang ke-6 ini.
Acara jelajah WEGI 6 yang dilakasanakan pada Jum’at (11/11/2016)  dan Sabtu (12/11/2016)  ini bertujuan ke daerah Kamojang, Garut-Bandung. Yang disana terdapat sebuah Industri Pertamina Geothermal Energy atau Sumber Energi Panas Bumi Pertamina. Jelajah kali ini di isi oleh para Blogger diseluruh Jawa. Mulai dari Jawa Barat-Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta-Jawa Timur.

Photo bareng PERTAMINA Pusat

Wawancara di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta.
Berbeda dengan Blogger lainnya, saya dan teman – teman saya yang berasal dari Garut, diharuskan berangkat pada Kamis (10/11/2016) dikarenakan ada sebuah briefing untuk kesuksesan Acara ini. Keesokan harinya Jum’at (11/11/2016) kami dan para blogger lainnya berkumpul di Perusahaan Pertamaina Pusat di Jakarta. Disini kita melakukan wawancara langsung dengan CEO Pertamina terkait pemanfaatan energi dan kelestarian alam sekitarnya. Acara dimulai pada jam 08.00 WIB, selain ada wawancara, Kumpulan wegi juga melakukan Livepost dan Live-Streaming Youtube, Alhamdulillahnya dengan Hastag #PertaminaKamojang kita berhasil menduduki peringkat pertama di Trending Topic Twitter Indonesia.

Makan Siang di Bebek Kaleyo, Bandung.
Setelah acara wawancara selesai pada pukul 09.00 WIB, kita langsung saja melanjutkan perjalanan ke Bandung, tepatnya di Rumah Makan Bebek Kaleyo untuk menemui rombongan Blogger Bandung disana. sesampai di Bandung pukul 12.00, dilanjutkan dengan acara makan siang bersama. Setelah makan siang kita melanjutkan tujuan kita yaitu PGE Kamojang, Bandung.

PGE Kamojang

Mengenal Pertamina Geothermal Energi Kamojang dan Sumber daya Panas Bumi di Indonesia.
Pertamina Geothermal Energi Kamojang merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang memanfaatkan sumber daya alam panas bumi untuk kebutuhan masyarakat seperti pembangkit listrik dan sebagainya. Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya “Mengenal Pertamina Geothermal Energy Kamojang dan Wilayah Konservasi Elang “. Pada awalnya Belanda-lah yang mulai mengetahui dan memanfaatkan sumber daya panas bumi ini, karena Indonesia merupakan sumber panas bumi terbesar di dunia dengan sumbangsih sebesar 40%. Tetapi dikarenakan belanda tak lagi menjajah Indonesia, sumber panas bumi ini kemudian ditinggalkan. Dan barulah Sumber daya Panas Bumi ini dimanfaatkan oleh PT Pertamina untuk menggerakan perekonomian Negara juga sebagai sumber daya listrik di Indonesia. Karena ini PT Pertamina kemudian menjadi perusahaan yang berKeuntungan Terbesar di Indonesia. Berbeda dengan perusahaan lainnya PT Pertamina juga ikut melestarikan alam sekitar kamojang dengan membangun Konservasi Elang dan Desa Wisata Kamojang. PT Pertamina juga menyabet banyak penghargaan sebagai perusahaan yang paling sukses melestarikan alamnya.

Sesi Gathering

Acara Gathering Malam di Kamojang, Bandung.
Setelah sampai di Kamojang Pukul 19.00, kemudian Isoma. Acara dilanjutkan dengan Gathering sekaligus Perkenal Bersama. Walaupun acaranya tidak terlalu besar tetapi tetap saja meriah dikarenakan kami saling akrab walau berbeda usia, generasi, dan wilayah. Acara dimulai dengan pengenalan satu persatu Blogger, kemudian dilanjutkan hiburan dan photo bersama.

Foto bareng GIC

Kunjungan GIC ( Geothermal Information Centre ).
GIC merupaka sebuah museum panas bumi pertama dan terbesar di Indonesia, yang terletak di Kamojang, Bandung. Di GIC terdapat informasi-informasi mengenai Sejarah Sumber Daya Panas Bumi, Bebatuan dasar Bumi, Alat yang digunakan untuk pengeboran Panas Bumi, dan Miniatur PGE Kamojang. Di sini kami berkesempatan mendapatkan presentasi yang memuat informasi tentang Sumber Daya Panas Bumi yang dijelaskan oleh Ahli Bebatuan, Ibu Dila. Setelah presentasi selesai dilanjutkan dengan keliling GIC kemudian Photo bersama.

Kawah Hujan

Kawasan Wisata Panas Bumi Kamojang.
Lanjut dari GIC kami pergi ke kawasan Wisata Panas Bumi Kamojang, disana kami mengunjungi beberapa Kawah Panas Bumi, yang pertama adalah Kawah Kereta, seperti namanya kawah ini menyemburkan uap panas yang dahsyat dan bersuara seperti layaknya kereta api, di kawah ini terdapat seorang yang ahli memainkan atraksi sehingga kawah bersuara seperti kereta api. Di kawasan wisata ini juga terdapat kawah Hujan, dimana di kawah ini terdapat sumber air panas yang menyembur layaknya hujan dan konon katanya jika anda berdiri di depan semburan air yang tidak terlalu besar ini, air panasnya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain sumber air panas, di kawah ini pun terdapat sebuah sumber gas panas bumi yang keluar, ada juga juru kunci yang biasa memainkan asap yang keluar dari panas bumi ini. Jika anda ingin mengunjunginya, tak perlu repot membawa makanan, karena disini tersedia telur rebus yang direbus langsung dari sumber panas bumi.

Konservasi elang

Kawasan Konservasi Elang, Kamojang, Bandung.
Jelajah terakhir kami mengunjungi sebuah wilayah Konservasi Elang, wilayah konservasi ini merupakan hasil kerjasama Pertamina dengan BBKSDA sebagai wujud pelestarian alam sekitar, dan 100% biaya di konservasi ini ditanggung oleh PT Pertamina. disini Elang – elang  mendapatkan perlakuan khusus, elang elang yang ada disini adalah hasil dari kepemilikan elang yang diserahkan oleh warga. Dikarenakan terlalu lama di kandang, elang konservasi ini di ajarkan bagaimana caranya berburu lalu akhirnya akan dilepaskan ke alam bebas jika sudah melewati beberapa tahap. Adapun elang yang cacat akan diberikan pengobatan khusus oleh dokter yang berada Konservasi ini.

Fotbar Penutupan

Dengan mengujungi beberapa tempat di kawasan Kamojang ini kami mengerti, bahwa selain memanfaatkan alam kita juga diwajibkan dan bertanggung jawab untuk melestarikan alam. Sekedar info ,  selain membangun Desa Wisata dan Konservasi Elang, PT Pertamina juga memiliki pegawai di PGE ini yang 100%nya anak bangsa yang memiliki keterampilan dan keahlian lebih. Patut di acungi jempol bukan? Dan patut dibanggakan. Bangga akan Indonesia Bangga akan Alamnya, agar anak cucu kita bisa melihat indahnya alam Indonesia sama seperti kita melihatnya saat ini  maka dari itu kita patut bersyukur atas karunia yang ada dan ikut melestarikan alam Indonesia agar Indonesia tetap kaya akan budaya dan alamnya. Jangan sampai bangsa lain mengambil kekayaan Bangsa Indonesia Kita Tercinta. Salam Indonesia, Salam Jomblo lestarikan Alam Indonesia.

#EnergiBersih #PertaminaKamojang

About Aprinda

Seeorang manusia biasa yang terkadang dianggap sebelah mata. bagaimanapun kata mereka, saya tetap bersyukur adanya, karena saya diciptakan oleh Allah Sang Pencipta Yang Maha Sempurna.