Aprinda Rizky Ma'rufi

" Ia adalah lagu, musik yang kuputar selalu, nada yang mendayu, dentingan piano yang membuat candu. Aku panggil ia dengan sebutan “Kamu”. "
Ikuti Aku

Mengenal Pertamina Geothermal Energy Kamojang dan Wilayah Konservasi Elang



By  Aprinda     November 06, 2016    Label:, 
www.pge.pertamina.com


Bicara tentang bumi, maka kita bicara juga tentang energy yang ada di lingkungan bumi. Banyak memang energy yang ada dibumi kita ini, salah satunya energi panas bumi. Energi panas bumi adalah sumber energy yang memanfaakan sumber energy panas di dalam bumi, energi panas bumi ini berasal dan terbentuk dari kerak bumi yang temperaturnya bertambah seiring dengan kedalamannya. Sumber energy panas bumi ini relative ramah lingkungan ketimbang dengan sumber energi yang lainnya. Sebagai Perusahaan terbesar di-Indonesia Pertamina melihat peluang ini dan memanfaatkannya sebagai sumber energy di Indonesia.
Karena potensi panas bumi yang sangat baik, sekitar 29000 MW atau 40% dari sumber panas bumi di dunia, pemerintah patut ikut serta dalam pemanfaatannya sebagai sumber energy di Indonesia dengan melakukan pengembangan lebih lanjut dalam bidang teknologi pemanfaatan energy panas bumi ini.


www.pge.pertamina.com

Tetapi terdapat kawasan PLTP di wilayah Kamojang, yang dikelola oleh Indonesia Power. Karena kawasan rumah yang cukup dekat dengan kawasan ini, terkadang saya sering sekali jalan-jalan sambil melihat-lihat apasih yang disebut dengan PLTP, dan Alhamdulillah saya berkesempatan untuk mengunjungi dan mengetahui lebih dalam tentang PLTP Kamojang ini bersama dengan Komunitas WEGI pada tanggal 11-12 di acara Jelajah WEGI 6, WEGI (WE Green Industry) sendiri adalah komunitas yang mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dan bertanggung jawab dalam terjadinya kerusakan alam disekitarnya.


Kembali bicara tentang Pertamina Geothermal Energy, PGE ini pernah menghasilkan pencapaian yang luar biasa yaitu menghasilkan inovasi Lampu Thermoelectric, Lampu ini memanfaatkan perbedan suhu disekitar jalur pipa uap kemudian diubah menjadi sumber energi listrik alternative sebagai penerang disekitar lingkungan tersebut. Inovasi ini pun kemudian di apresiasi dalam penghargaan Satya Lancana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia.PGE ini pun ikut bersinergi dalam Konservasi Elang di Kamojang yang berkerja sama dengan BBKSDA (Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam. Kegiatan kerja sama ini sebagai bukti bahwa PGE peduli terhadap keragaman hayati di Indonesia.

Konservasi Elang Kamojang

Sangat Membanggakan sekali Indonesia Mempunyai sumber daya alam panas bumi terbesar di dunia seperti yang telah di manfaatkan oleh PGE ini, hanya saja tinggal kita sebagai generasi penerus untuk melestarikannya agar anak dan cucu kita bisa terus melihat keindahan Indonesia dan kayanya sumber daya alam di Indonesia kita tercinta ini.

#PertaminaKamojang

About Aprinda

Seeorang manusia biasa yang terkadang dianggap sebelah mata. bagaimanapun kata mereka, saya tetap bersyukur adanya, karena saya diciptakan oleh Allah Sang Pencipta Yang Maha Sempurna.

2 komentar:

  1. Iya niy, aku baru mengenal kalo ada PLTP di Kamojang hihii..
    Moga bisa berkunjung ke sana. Amin .

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak Alhamdulillah semoga bermanfaat juga informasi yang saya berikan :) Aamiiin

      Hapus