Aprinda Rizky Ma'rufi

" Ia adalah lagu, musik yang kuputar selalu, nada yang mendayu, dentingan piano yang membuat candu. Aku panggil ia dengan sebutan “Kamu”. "
Ikuti Aku

Membiasakan diri dengan Pola Hidup Sehat



By  Aprinda     November 16, 2016    Label:,,,, 
Membiasakan diri untuk sehat merupakan hal yang gampang-gampag susah. Untuk membiasakan diri kita juga harus membangun pola hidup sehat, jika hidup sehat makan setiap pekerjaan dan kegiatan yang di kerjakan akan terasa nikmat dan tanpa hambatan. Namun sekedar informasi, sebenarnya apasih sehat itu?
Sebenarnya Pengertian sehat dibagi menjadi 2, yakni pengertian secara Fisiologi dan Anatomis :
  • Secara Fisiologi : Sehat merupakan keadaan organ-organ didalam tubuh seperti Jantung, Paru-paru, Ginjal, dan Hati yang berfungsi secara normal dan baik
  • Secara Anatomis : Sehat adalah keadaan anggota tubuh yang lengkap dan tidak ada suatu kecacatan.
Maka jika disimpulkan, pengertian Sehat adalah keadaan yang meliputi kesehatan badan , Mental, dan Sosial. Bukan hanya keadaan yang bebas dari penyakit dan cacat. Perilaku hidup sehat merupakan perilaku yang berkaitan  dengan upaya atau kegiatan seseorang untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan.
Setelah kita mengetahui apa itu sehat Berikut adalah contoh pola hidup sehat yang seharusnya kalian ketahui :


1.       Mengkonsumsi Makan Bergizi
Menerapkan pola hidup sehat, tentunya kita juga harus menerapkan asupan makanan yang bergizi. Bukan hanya berdasarkan makanan yang kita suka atau sesuai selera, tetapi makanan bergizi harus sering juga kita makan secara teratur, dan yang termasuk makan bergizi adalah makanan yang 4 sehat 5 sempurna . Contoh makanan yang 4 sehat 5 Sempurna adalah sebagai berikut :

 
4 Sehat 5 Sempurna

2.       Menjaga Kebugaran Tubuh
Banyak cara untuk menjaga kebugaran tubuh, salah satunya dengan berolahraga, berolahraga juga bisa membuang zat zat kotor dan membuat diri kita semakin kuat, karena dengan berolahraga, metabolism tubuh akan naik. Ada banyak cara berolah raga contohnya adalah sepak bola, basket, senam, yoga, dan sebagainya.

Menjaga Kebugaran dengan Olahraga


3.       Menjaga Kebersihan
Kebersihan menjadi faktor yang tak kalah pentingnya sebagai pendukung hidup yang sehat. Kebersihan diri dan lingkungan harus diperhatikan untuk menghindari diri dari segala macam bentuk penyakit, bakteri, kuman, dan kotoran yang menempel di sekitar kita. Dengan Mandi sehari dua kali, menggosok gigi setelah-sebelum tidur dan saat mandi, memelihara kebersihan rambut, kuku, hidung, telinga, dan pakaian merupakan contoh menjaga kebersihan diri. Sedangkan menjaga kebersihan lingkungan bisa kita lakukan dengan menjaga kebersihan kamar, kelas, selokan, jalan, serta sarana umum. Tak lupa juga dengan kita harus ikut menjaga kebersihan lingkungan kita akan menciptakan suasana aman nyaman tentram serta bersih. Ingat kebersihan sebagian dari iman.


buang sampah pada tempatnya


4.       Disiplin Waktu
Mengatur waktu agar berpola hidup sehat bisa kita lakukan. Contohnya mengatur waktu makan, waktu mandi, waktu tidur secara teratur merupakan kunci hidup sehat. Tidak hanya mengaturnya kita juga harus konsisten dan disiplin waktu agar kesehatan kita semakin terjaga juga

 
Disiplin Waktu

5.       Tidak Merokok
Merokok merupakan prilaku yang sangat bertentangan dengan kesehatan, namun sayangnya merokok sudah menjadi tren bagi pelajar masa kini yang tak mengerti akibatnya. Tapi apa salahnya jika kita menumbuhkan tren baru tanpa merokok, dengan tidak merokok kita menjaga tubuh kita dari segala macam bentuk penyakit yang dihasilkan rokok, dengan merokok pula kita menjaga lingkungan dan orang sekitar agar tidak tercemar polusi dari asap rokok.

Keren tanpa rokok



Sekian tips kesehatan tentang pola hidup sehat, intinya menjaga tubuh agar tetap sehat kita juga perlu pola hidup yang sehat dan teratur, yang tak kalah pentingnya yakni berpikiran positif. Salam Jomblo !


download juga Powerpoint dari artikel ini disini

About Aprinda

Seeorang manusia biasa yang terkadang dianggap sebelah mata. bagaimanapun kata mereka, saya tetap bersyukur adanya, karena saya diciptakan oleh Allah Sang Pencipta Yang Maha Sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar