Aprinda Rizky Ma'rufi

" Ia adalah lagu, musik yang kuputar selalu, nada yang mendayu, dentingan piano yang membuat candu. Aku panggil ia dengan sebutan “Kamu”. "
Ikuti Aku

Festival Selaawi Garut, Fakta Tentang Bambu



By  Aprinda     Desember 13, 2016    Label:,,,,, 
Assalamu’alaikum semua, postingan saya akan berbeda dengan postingan yang sebelumnya, kalo postingan sebelumnya kebanyakan tentang Multimedia, Tips Perasaan, dan Puisi-puisi… postingan sekarang mengenai fakta-fakta dari suatu hal.
Siapa sih yang gak kenal dengan tumbuhan yang satu ini, ya bamboo..tumbuhan ini udah dipake sama nenek moyang kita sejak ratusan tahun lalu, bahkan menurut wiki tanaman ini udah ada sejak 200 juta tahun yang lalu. Wow lama banget ya, sama kayak nunggu pekanya kamu … eh :v bamboo juga sudah digunakan oleh para pejuang kita, sejak dan sebelum zaman kemerdekaan untuk melawan dan mengusir penjajah dari kartini kita tercinta, tanpa alasan karena sejak dulu bamboo banyak ditemukan disekitar lingkungan hidup kita jadi mudah mendapatkannya.
Menjelaskan secara ilmiah, Bambu adalah salah satu jenis tanaman rumput-rumputan juga loh guys. Bedanya bambu memiliki tekstur dan ukuran yang berbeda, dan batang dari bamboo juga berongga. Bambu memiliki banyak macam, dan memiliki banyak sebutan seperti buluh, eru, dan aur.
Lanjut ke faktanya :
1.       Fakta yang pertama : Bambu memiliki anti-bakteri dan Jamur.
2.       Bambu juga udah ada sejak 200 juta tahun lalu.
3.       Seperti yang udah saya jelasin tadi, bambu merupakan jenis rerumputan atau rumput.
4.       Orang-orang China menggunakan bambu untuk pengobatan dan pembuatan kertas sejak 5000 tahun lalu.
5.       Bambu juga adalah tanaman kayu yang paling cepat tumbuhnya bahkan bisa mencapat 100cm/hari.
6.       Akar bambu sangatlah kuat, sehingga bisa menahan tinggi bamboo yang mencapai 30 m. dan akarnya bisa menahan erosi.
7.       Bambu menghasilkan 35% oksigen, lebih baik dari pada tanaman lainnya.
8.       Tanaman bambu juga baik bagi lingkungan dan cepat meyerap karbondioksida disekitarnya.
9.       Thomas A. Edisson juga pernah menggunakan bambu sebagai filament dalam pembuatan bola lampunya loh.
10.   Bambu juga diklasifikasikan menjadi 10 genus dan 1450 Spesies.
11.   Tanaman bamboo paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari, hari bahkan semua bagian dari bambu bisa dimanfaatkan. Seperti yang digunakan oleh masyarakat di Selaawi, Garut, Jawa Barat. Disini terdapat banyak pengerajin bamboo, mereka menggunakannya untuk membuat sarang burung, topi, tas, dan lainnya. Pada tanggal 11-18 Desember 2016 disini diadakan sebuah festival dalam memperingati hari jadi Selaawi yang ke-33, tak tanggung tanggung… selain membuat sangkar burung dalam ukuran besar, festival ini pun mencatatkan rekor MURI dalam pameran sangkar burung terpanjang di-indonesia yaitu 3 km.
Oke guys, segitu aja fakta dari saya yang saya ketauhi, untuk kalian yang mempunyai fakta yang lebih… bisa kalian komen di bawah yaa.
Manfaatkan apa yang ada, dan bersyukurlah menjadi Bangsa Indonesia.

jangan lupa tonton vlog Diary Jomblo ya !



Wassalamu’alaikum

About Aprinda

Seeorang manusia biasa yang terkadang dianggap sebelah mata. bagaimanapun kata mereka, saya tetap bersyukur adanya, karena saya diciptakan oleh Allah Sang Pencipta Yang Maha Sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar