Aprinda Rizky Ma'rufi

" Ia adalah lagu, musik yang kuputar selalu, nada yang mendayu, dentingan piano yang membuat candu. Aku panggil ia dengan sebutan “Kamu”. "
Ikuti Aku

18 Kata baru KBBI yang mungkin masih terdengar aneh untuk kita



By  Aprinda     Mei 05, 2017    Label:,,,, 

Bahasa merupakan suatu bentuk alat komunikasi yang sudah manusia gunakan sejak lama. dengan bahasa, manusia bisa mengerti satu sama lain, mengerti maksud dan keinginan satu sama lain. Bahasa juga terdiri dari kumpulan kata yang membentuk suatu kalimat bermakna. Namun seiring berjalannya waktu manusia sering menggunakan bahasa yang kadang terdengar aneh bagi masyarakat awam. Kadang pula ada individu yang menggunakan suatu bahasa sebagai bentuk kreatifitas diri, ajang kesombongan agar bisa dibilang “keren”.

Dokumen asli


Khususnya bagi wanita yang kebanyakan susah menggunakan bahasa dan kata, mereka sering menggunakan bahasa sebagai bentuk kode atas apa yang mereka inginkan, tidak merangkai kata secara lengkap sebagai bentuk makna yang sebenarnya, mereka malah menggunakan kode bahasa sehingga tak jarang saya sebagai pria sering salah mengartikannya hihi.
Lanjut seriusnya, Di masa yang serba modern ini sering kali kita sebagai manusia tidak lepas dari hal yang dinamakan Internet, Komputer, Gadget, dan Media Sosial.
Sebelumnya kita sudah mengenal kata-kata yang berhubungan dengan internet, seperti “Unduh” yang menggantikan kata “ Download”, “Unggah” yang menggantikan kata “ Upload”, dan kata “Simpan” yang menggantikan kata “ Save”.
Langsung saja, sebenarnya kata-kata apa yang mungkin kita merasa aneh mendengarnya ? yuk simak kata kata berikut yang memang terbilang baru di Kamus Besar Bahasa Indonesia :
1.       Gawai : Gadget, Smartphone, Ponsel, Tab.
Mungkin sekilas terlihat aneh ketika dibaca, atau kita akan keliru mengartikannya dengan kata “Dawai”.
Gawai sendiri sebenarnya kata baru yang sebenarnya diartikan sebagai alat, atau perkakas. Namun akhir-akhir ini Media-media cetak sering menggunakan kata Gawai untuk menggantikan kata “Gadget” yang memang kita sudah biasa mendengarkannya.

2.       Tetikus : Pointer Mouse
Pernah kah kalian mendegar kata “tetikus” ? aneh bukan ? sebenarnya apa artinya?. Jika artikan, tetikus merupakan kata ganti dari pointer mouse. Kata yang bisa kita gunakan adalah seperti ini
“ Coba kamu geser tetikusnya ke menu yang disebelah kanan monitor, lalu klik menunya”, kira-kira seperti itu.

3.       Pranala : Hyperlink atau Link
Pranala sendiri merupakan kata baru yang digunakan untuk menggantikan kata serapan “ Hyperlink” atau “Link”.

4.       Swafoto : Selfie : Berfoto sendiri
Dari sekian banyak kata baru, Swafoto adalah kata yang paling saya suka. Mungkin karena orang sering salah mengartikan antara kata selfie dan wefie yang sebenarnya memang tidak ada dalam kamus bahasa inggris. Kata selfie sendiri adalah kata gaul yang digunakan jika seseorang sedang berfoto seorang diri, sedangkan wefie digunakan untuk orang yang berfoto secara berkelompok. Jadi yuk kita biasakan menggunakan kata swafoto dalam kehidupan sehari-hari.

5.       Warganet : Citizen : Pengguna Internet/Sosial Media
Jika kalian sering membaca Koran online, pasti sudah tidak asing dengan kata Citizen. Namun sekarang kita tidak perlu repot-repot mengartikan kata Citizen, karena dalam KBBI sudah ada kata baru untuk menggantikan kata tersebut menjadi Warganet.
6.       Daring dan Luring : Online dan Offline
Daring ? Luring ? mungkin jika disatukan menjadi Darling. Kata Daring sendiri dibuat untuk menggantikan kata Online, dan Luring untuk menggantikan kata Offline.
7.       Peladen : Server
Bagi yang seseorang yang mengerti IT, kata server memang sudah tidak asing lagi. Tapi saya akan jelaskan, Server artinya sistem komputer yang menyediakan sebuah layanan jaringan.

8.       Pratayang : Preview
jadi jika anda seorang yang bekerja dibidang tersebut silahkan gunakan Pratayang untung mengganti kata Preview

9.       Komedi Tunggal : Stand Up Comedy
Memang sudah tidak asing lagi jika mengenal kata Stand Up Comedy atau dalam bahasa Indonesia saat ini adalah Komedi Tunggal. Ada yang tau Raditya dika ? Ernest Prakasa ? atau Ge Pamungkas ?.Nah, mereka-mereka ini adalah seorang Komedian Tunggal atau Komika.

10.   Pramusiwi : Babysitter : Penjaga Bayi
Jika dirumah anda memiliki seorang anak, dan menggunakan jasa dari Babysitter. Maka silahkan panggil babysitter itu dengan sebutan Pramusiwi. Kedengarannya lebih enak dan tidak terkesan buruk, bukan ?

11.   Narahubung : Contact Person
Kata baru ini digunakan untuk mengganti frasa Contact Person.

12.   Mangkus : Efektif
Jika kalian mengerti kata efektif, nah kini kata Mangkus telah hadir untuk menggantikan kata efisien yang memang agak sulit diucap.

13.   Sangkil : Efisien
Jika efektif menjadi mangkus, maka kata efisien sendiri diganti menjadi Sangkil.

14.   Hektare : Hektar : Satuan luas
Mungkin sudah ada yang mengenal kata hektar, ya kata lama ini diperbaharui menjadi Hektare, hanya menambahkan huruf ‘e’ saja hihi.

15.   Portofon : Handy Talkie
Masih sering menggunakan Handy Talkie ? bagi anak acara memang masih yah, tetapi mulai dari saat ini gunakan kata Portofon ya untuk mengganti kata Handy Talkie yang terlalu panjang.

16.   Derau : Noise : Ribut : Bising
Pertama kali mendengarnya, saya sendiri mengira derau adalah bagian dari danau, karena sama sama berima ‘au’, tapi ternyata kata derau ini mimiliki arti ribut, bising, atau berisik. Kata Derau digunakan untuk mengganti kata terapan “Noise” atau bunyi gemuruh.

17.   Pelantang : Microphone
Kata pelantang sendiri merupakan kata baru untuk mengganti kata “Microphone” atau “Mic” yang sering kali masih saja digunakan dalam sebuah pementasan, konser, dan acara yang menggunakan pembawa acara.

18.   Saltik = Salah Ketik
Menurut saya kata saltik ini sebenaranya bukan sebuah frasa atau kata, namun hanya singkatan akronim dari kata “ Salah ketik”. Tapi dalam kamus bahasa Indonesia Saltik termasuk kedalam akronim yang berarti salah ketik. Mungkin dilain kali aka nada kata baru yaitu “salfok” yang berarti salah fokus hihihi.

Nah, teman-teman merasa sangat aneh kan dengan kata-kata tersebut. Mungkin ada yang berpendapat “kenapa harus diganti jika memang sudah terbiasa menggunakan kata lama”, ya saya juga sempat berpikir seperti itu. Namun disisi lain, saya berpikir untuk menggunakan bahasa yang memang asli dari bahasa Indonesia sendiri. Jadi Yuk budayakan Berbahasa Indonesia yang Baik yang benar J. jadi yuk ucapkan selamat datang bagi 18 kata baru di Kamus Bahasa Indonesia

About Aprinda

Seeorang manusia biasa yang terkadang dianggap sebelah mata. bagaimanapun kata mereka, saya tetap bersyukur adanya, karena saya diciptakan oleh Allah Sang Pencipta Yang Maha Sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar