Aprinda Rizky Ma'rufi

" Ia adalah lagu, musik yang kuputar selalu, nada yang mendayu, dentingan piano yang membuat candu. Aku panggil ia dengan sebutan “Kamu”. "
Ikuti Aku

8 Tips Menunggu Waktu Berbuka Puasa



By  Aprinda     Mei 27, 2017    Label:,, 
Marhaban ya Ramadhan, Selamat Berpuasa Bagi Kita Semua.

Menunggu Buka Puasa
doc : Google.com
Bulan Ramadhan atau Bulan yang sering kita sebut Bulan Puasa, adalah bulan yang pernuh berkah, bulan yang paling ditunggu-tunggu setiap umat islam diseluruh penjuru dunia. Bagaimana tidak, selain karena dibulan ini dilimpahkan begitu banyak keberkahan dan pahala yang berlipat, dibulan ini juga umat islam diseluruh dunia bisa saling lebih dekat bersatu dan berbagi bersama, banyak waktu yang bisa digunakan untuk bisa menguatkan tali silaturahmi.
Bicara bulan puasa sebagai bulan yang paling dinanti, ada juga hal yang paling dinanti umat islam yang melaksanakan ibadah puasa, contohnya adalah Adzan Maghrib, sebagaimana yang kita ketauhi, adzan magrhib ditunggu karena Adzan Maghrib adalah tanda bagi seseorang yang berpuasa untuk bisa berbuka. Tapi tak jarang juga dari kita yang selalu merasa mengapa menunggu adzan maghrib terasa lama? Mungkinkah karena kita terlalu menunggunya sehingga waktu terasa berjalan lambat ? tentu saja bukan.
Ada berbagai macam cara untuk membuat waktu terasa cepat, salah satunya adalah dengan menyibukan diri. Menyibukan diri bukan hanya membuat kita tak kenal waktu, menyibukan diri juga bukan satu-satunya cara untuk kita bisa melupakan perasaan kepada seseorang, tetapi dengan kegiatan ini bisa juga kita gunakan untuk membuat waktu berbuka terasa cepat, lantas, apa aja sih kesibukan yang bisa kita lakukan sambil menunggu waktu adzan ?

1.       Membaca Al-Qur’an

Kita mulai dari kegiatan yang sangat dianjurkan, selain bisa membuat waktu terasa begitu cepat, dengan membaca Al-Qur’an juga kita bisa mendapat banyak pahala yang berlipat ganda, spesialnya di bulan ramadhan ini.

2.       Mendengarkan Ceramah

Tidak harus pergi jauh-jauh ke tempat yang biasa mengadakan ceramah di sore hari, karena di acara televisi atau di internet pun kita bisa mendapatkan berbagai macam ceramah. Selain kegiatan ini untuk menunggu waktu berbuka, mendengarkan ceramah juga bisa menambah ilmu pengetahuan kita tentang islam.

3.       Membaca Buku

Jika salah satu dari kita memang sudah biasa atau hobi membaca, maka tak akan terasa sulit dan lama lagi jika menunggu waktu berbuka, karena dengan membaca buku novel pun waktu tak akan terasa, saking menghayatinya kita terhadap cerita dalam buku tersebut.

4.       Berbincang Bersama Keluarga

Sambil menunggu waktu berbuka baiknya juga kita meluangkan waktu untuk berbincang bersama keluarga, karena hanya diwaktu inilah kita bisa berbincang bersama keluarga kita selepas kita menjalani kesibukan hari dengan bekerja atau menimba ilmu.

5.       Jalan-jalan

Jalan-jalan merupakan alternatif yang biasa masyarakat Indonesia lakukan, karena selain bisa menghabiskan waktu sambil menunggu berbuka, dengan jalan-jalan juga kita bisa merefresh otak dengan melihat pemandangan sekitar.

6.       Memasak

Khususnya bagi perempuan, sambil menunggu waktu berbuka, biasakan untuk belajar memasak, atau mencoba resep-resep masakan lain. Dengan memasak juga, kita tidak perlu repot-repot pergi keluar rumah hanya untuk menghabiskan uang untuk menu berbuka.

7.       Chat dengan Do’i

Selain bisa membuat waktu tak terasa karena saking serunya chat bersamanya, chat pada saat menunggu juga memiliki manfaat untuk tidak mengurangi pahala puasa, karena Di bulan puasa seharusnya kita menjaga pandangan dan hawa nafsu, jika salah satu dari kita memiliki pasangan tapi tak ingin mengurangi pahala puasa dengan bertemu, maka cara yang bisa kita lakukan adalah dengan chat ria bersamanya.

8.       Mendalami Hobi

Dari pada kita membuang waktu dengan tidur saat menunggu waktu berbuka, baiknya kita mendalami hobi, belajar hal-hal yang baru tentang apa yang kita suka jauh lebih bermanfaat untuk masa depan.


Dari beberapa tips diatas yang bisa membuat waktu terasa cepat ke waktu berbuka, jangan lupa untuk membaca Qur’an sebelumnya ya, karena membaca Qur’an jauh lebih bermanfaat dan lebih banyak faedahnya, bukan hanya didunia tapi dikehidupan selanjutnya.

About Aprinda

Seeorang manusia biasa yang terkadang dianggap sebelah mata. bagaimanapun kata mereka, saya tetap bersyukur adanya, karena saya diciptakan oleh Allah Sang Pencipta Yang Maha Sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar