Aprinda Rizky Ma'rufi

" Ia adalah lagu, musik yang kuputar selalu, nada yang mendayu, dentingan piano yang membuat candu. Aku panggil ia dengan sebutan “Kamu”. "
Ikuti Aku

Pentingnya Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara Indonesia



By  Aprinda     Mei 21, 2017    Label:, 
Bhineka Tunggal Ika, Bangsa Indonesia
doc : Google.com


Bicara tentang Bhineka Tunggal Ika, mungkin tidak asing bagi kita semua. Ya, kita telah mendengar ini dan mungkin kebanyakan dari kita telah mempelajari kata “Bhineka Tunggal Ika” sejak Sekolah Dasar dahulu. Bhineka Tunggal Ika terdiri dari 3 Kata yaitu, “Bhineka”-“Tunggal”-dan “Ika” yang berasal dari bahasa Sansekerta, dan memiliki arti Berbeda-beda Tetapi Tetap Satu Jua. Sebagai yang sudah kita ketahui, Bhineka Tunggal Ika sendiri adalah Semboyan Negara, mengapa ? karena ini memiliki makna yang sesuai dengan keadaan di-Indonesia, yakni terdiri dari Berbagai Macam Pulau, Berbagai macam bahasa, berbagai macam kebudayaan, agama, serta suku bangsa.
Dijadikannya Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara ini karena istilah ini diyakini sebagai do’a dan tujuan yang diharapkan akan selalu diingat oleh setiap warga Indonesia. Namun pada nyatanya, akhir-akhir ini kita sering melihat keadaan Indonesia “seakan” terpecah belah karena suatu perbedaan, contohnya Agama dan Suku.
Keadaan tersebut sungguh sangat memiriskan sekali, apalagi bagi kita yang mencita-citakan bahwa bangsa Indonesia seharusnya hidup dalam kedamaian dan saling menghormati satu sama lainya, walaupun terdapat banyak perbedaan diantara masyarakatnya. Seakan bangsa ini lupa, pada zaman perjuangan dahulu, pahlawan-pahlawan telah rela mati demi memperjuangkan persatuan Indonesia seutuhnya. Tidakkah kita ingat bahwa pahlawan-pahlawan tersebut pun memiliki banyak perbedaan sebagaimana kita saat ini, namun bedanya mereka memiliki keyakinan yang kuat, dan yang terpenting mereka memiliki tujuan yang sama yaitu, bersama berjuang demi mempersatukan bangsa Indonesia mulai dari sabang sampai merauke, mulai dari barat sampai timur, mulai dari utara sampai kebarat.

Bhineka Tunggal Ika
Doc : Google.com
Masyarakat saat ini seakan melupakan itu semua. Hanya demi kepentingan pribadi, hanya demi kepentingan politik atau partai tersendiri, mereka melupakan semboyan Negara ini, Bhineka Tunggal Ika. Sebagaimana yang kita tahu bahwa selain Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara, ada pula Pancasila sebagai Ideologi utama Bangsa Indonesia, Undang-Undang Dasar sebagai landasan Konstitunsional Negara, dan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) sebagai Bentuk Negara yang menjadi cita-cita bangsa ini sejak zaman penjajahan dahulu.
Banyak mahasiswa atau Pelajar saat ini, yang lebih hafal budaya Negara lain dari pada budaya sendiri. Mirisnya juga banyak pelajar dimasa kini yang lebih hafal bahasa Negara lain ketimbang menghafal Pancasila, Pembukaan UUD 1945, atau menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

doc : Nitizen Gathering bersama MPR RI
Dari masalah-masalah tersebut, akhirnya Majelis Permusyawaratan Rakyat membuat banyak kegiatan, salah satunya Sosialisasi kemasyrakat mengenai pentingnya Persatuan NKRI, yang mana kegiatan ini diharapkan bisa kembali meningkatkan nasionalisme kita untuk mewujudkan Persatuan NKRI.
Kegiatan Sosialisasi ini terbagi menjadi beberapa bagian, yang pertama adalah sosialisasi Gathering atau diskusi santai bersama Blogger, kegiatan gathering ini sejak tahun 2016 lalu telah dilaksanakan dibeberapa kota diindonesia, contohnya di Solo, Makassar, Palembang, Jogja, Jakarta, dan baru-baru ini di kota Bandung. MPR RI menyadari bahwa pentingnya peran para blogger dalam penyebaran informasi tentang pentingnya persatuan Indonesia, khusunya di dunia internet dan dunia social media.
Selain melakukan beberapa gathering kepada masyarakat dan blogger, setiap tahunnya MPR RI juga sering mengadakan lomba-lomba bagi para pelajar di seluruh Indonesia. Contohnya saja lomba menggambar dan mewarnai bagi para pelajar sekolah dasar, dan lomba cerdas cermat bagi pelajar sekolah menengah atas.

Dari beberapa lomba tersebut, yang menarik adalah lomba menggambar dan mewarnai, dimana ada salah satu peserta yang menggambar lambng Negara Indonesia yaitu Burung Garuda. Uniknya burung garuda ini memiliki sayap yang hampir patah, tetapi anak tersebut seperti merajutnya dengan benang. Ini membuat kita sadar dengan keadaan yang saat ini terjadi, karena dari gambar tersebut memiliki arti bahwa walau keadaan diindonesia memang sedang kritis, namun anak ini dengan semangatnya ingin merajut kembali Indonesia agar bisa terbang bebas dan kembali menjadi Negara yang satu dengan Bhineka Tunggal Ika, Pancasila, UUD 1945, dan NKRI.

Harusnya kita sebagai yang lebih dewasa menyadari sekaligus malu dengan apa yang kita perbuat, Anak sekolah dasar saja tahu bahwa NKRI itu penting, tapi mengapa kita malah seakan-akan ingin menghancurkan NKRI sendiri. Saya sebagai salah satu Warga Negara Indonesia mengaku bahwasannya saya mencintai Negara ini, Negara Republik Indonesia, dan saya berharap bagi teman-teman pembaca sadar dan kembali berpikir, bahwa kepentingan Negara lebih penting dari kepentingan individu atau kelompok. 

About Aprinda

Seeorang manusia biasa yang terkadang dianggap sebelah mata. bagaimanapun kata mereka, saya tetap bersyukur adanya, karena saya diciptakan oleh Allah Sang Pencipta Yang Maha Sempurna.

2 komentar:

  1. Senang bisa "belajar" bareng Apri terkait Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dll di acara ini. Semoga ilmunya bisa kita serap dan share lagi ke yg lain ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin terima kasih kak, senang juga bisa saling berbagi agar ilmu kita bisa lebih berkah :)

      Hapus